25 Juli 2017

“Menulislah, Nak!”

Posted by Basmah Thariq at 22.28.00
Asma' sedang menulis

“Ummi, Asma’ bisa tulis-tulis..” Lapor Asma’ sambil memperlihatkan secarik kertas yang ia bawa.
“Ummi, Asma’ mau tulis-tulis lagi. Tolong tulis alif ba ta untuk Asma’ nah..”
“Ummi, Asma’ bisa cetak tangan..”
“Ummi, Asma’mau gambar rumah yang ada pohon-pohonnya sama awan, sama bunga, sama matahari, sama pagar...”

Ada satu lagi yang disukai Asma’ dan selalu ia geluti di hampir setiap hari. Selalu meminta kertas dan mengambil pulpen atau spidol atau alat tulis apapun untuk sekadar menulis sesuai keinginannya. Tak jarang ia meminta saya untuk menuliskan alif ba ta dalam bentuk dot to dot yang kemudian ia sempurnakan dengan goresannya. Masyaa Allah..

Melihat Asma’ yang antusias, maka sebagai ibu sudah sepantasnya mendampingi dan memfasilitasi keinginan anak. Memfasilitasi bukan harus membelikan kertas dan pulpen yang mahal. Tapi memfasilitasi bisa berupa apa-apa yang ada di sekitar kita bisa dimanfaatkan dalam proses menulis Asma’. Bersyukur alhamdulillaah, karena saya masih menyimpan berkas-berkas skripsi semasa revisi setahun lalu.

Tulisan Asma’ masih sebatas garis-garis yang kadang lurus, kadang meliuk-liuk, berputar, dan mencetak tangannya sendiri atau benda-benda sekitar, masyaa Allah.. Walau pada tulisan Asma’ hasilnya tetap terlihat coretan-coretan yang kami tak mengerti tapi tetap member apresiasi hasil karyanya dengan takjub. Kalau perlu, pujilah sepuas-puasnya dengan dibarengi kalimat thayyibah.

“Wuaaah, masyaa Allah.. Gambarnya bagus!”
“Keren, deh! Barakallaahu fiik, kakak..”
“Asma’ suka nulis? Nulis apa ini? Bagus masyaa Allah.. Ummi suka..”
“Waaah… Udah bisa buat huruf A-nya kakak Asma’ ya.. Masyaa Allah..”
“Alhamdulillaah, udah bisa nulis alif ba ta juga..”
dsb.

Tantangannya menghadapi Asma’ saat ini adalah saya yang tidak bisa sepenuhnya menemani aktivitas menulisnya. Menjadi PR besar bagi saya untuk selalu ada dan siap memenuhi keinginannya yang ‘mungkin’ bisa saja menjadi minat dan bakatnya kelak. Perlu konsistensi dan kesabaran bagi saya ketika melihat apa-apa yang menjadi keseharian Asma’. Semoga belum terlambat bagi saya untuk terus mendampingi Asma’ dan juga berlaku pada ‘Aisyah dan Afra’ nantinya, in syaa Allah.

#BasmahThariq
#Day6
#GameLevel2 
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst


 

Bianglala Basmah Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea