23 Agustus 2017

Membuat Bumbu Dasar

Posted by bianglalabasmah at 8/23/2017 11:22:00 PM
Bumbu Dasar
Kalau kemarin saya nge-blank, kali ini saya bingung. Hahaha.. Family Project apa lagi ya untuk hari ini? Siang tadi mata saya tertuju pada bumbu-bumbu dapur yang belum sempat saya olah. Tingtong!

Berhubung sudah memasuki 1 Dzulhijjah, dan mendekati Idhul Adha yang identik dengan momen Qurban, maka kepikiran untuk membuat bumbu dasar saja. Jadi, di sela aktivitas anak-anak sambil men-talqin, saya mengupas bawang merah dan bawang putih. Sesekali pula Asma’ dan ‘Aisyah turut membantu dan mengajukan beragam tanya.

Asma: “Ummi, kenapa kupas bawang?”
Ummi: “Karena Ummi mau buat bumbu, nak..”
Asma’: “Kenapa buat bumbu?”
Ummi: “Supaya kalo Ummi masak bisa lebih cepat?”
Asma’: “Kenapa mau cepat masak?”
Ummi: “Kalau Ummi cepat masak, Asma’, ‘Aisyah, Abi dan Ummi bisa makan juga.”
Asma’: “Oooh… Ini bisa dimakan?” (Sambil mencoba memasukkan 1 siung bawang yang sudah terkupas ke dalam mulutnya)
Ummi: “Bisa, kalo Asma’ mau..” (Memerhatikan Asma’ sambil tersenyum)
Asma’: “Tidak jadi Asma’ makan deh.. Nanti Ummi saja kalo masak..” (Ia pun menyimpan bawang ke piring)

Masih banyak pertanyaan yang kadang saya harus mencerna maksud Asma’, masyaa Allah. Ia pun mengambil bawang-bawang tsb bersama ‘Aisyah dan memindahkan dari satu piring ke piring lain, begitu seterusnya secara berulang. Duo-A hafizhah memeragakan masak-masak, mengambil peralatan masak mainannya mendekat ke tempat di mana saya sedang mengupas duo-bawang.

Alhamdulillah, bersyukur banget di tengah kesibukan bersama 3A hafizhah kami, saya masih bisa menyempatkan untuk membuat stok bumbu dasar. Ribet di awal, dan praktis untuk digunakan kapan saja saat masak. Memasak hanya butuh waktu tidak sampai setengah jam bila ada bumbu dasar yang sudah saya buat.

Terbiasa membuat stok bumbu dasar sejak kehadiran Asma’. Ditambah keputusan full time mom tanpa Asisten Rumah Tangga (ART), stok bumbu dasar sangat-sangat membantu saya di dapur. Sebab, saya termasuk yang kurang sreg masak 1x1 kemudian dipanasi berkali-kali. Lebih sreg dengan memasak 3x1 tapi tetap efektif dan efesien walau diramaikan kehadiran anak-anak, Alhamdulillah ‘alaa bi idznillah. Dan stok bumbu kali ini pun juga menjadi salah satu persiapan untuk idul adha in syaa Allah, beragam makanan ber-daging siap dihidangkan.


#BasmahThariq
#Day9
#Tantangan10Hari
#Level3
#KuliahBunsayIIP

#FamilyProject

1 comment

24 Agustus 2017 pukul 14.27

aku juga dirumah gitu mba..
nyiapin bumbu jadi sendiri terus tinggal oseng..ceoorrr ceorrrr..masak.
gak usah nguleuk2 lagi.
bagi waktu buat masak sama kerja juga kadang susah hehehe

Posting Komentar
 

Bianglala Basmah Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea