18 Agustus 2017

Jadwal Aktivitas 3A

Posted by bianglalabasmah at 8/18/2017 11:38:00 PM
Jadwal Aktivitas 3A

Bismillaah, sekilas jadwal harian, mingguan, dan bulanan berdasarkan 'rapat' bersama suami, ayah dari 3A hafizhah kami , Asma'AisyahAfra' yang sedang kami rutinkan. Alhamdulillah pula, sejauh ini hampir 80% kami laksanakan bersama putri kami.

Aktivitas yang rutin adalah men-talqin yang kami jadwalkan di setiap harinya dengan tanggal yang kami tentukan untuk surah-surah apa yang kami talqinkan. Ada doa sehari-hari yang tentunya saya dan suami selalu berusaha me-lafazh-kan ketika akan beraktivitas apapun untuk 3A kami.

Shalat fardhu 5 waktu hanya sebatas ajakan sekaligus melatih kebiasaan anak saja. Walaupun shalat ini sebenarnya tanpa kami ajakpun, duo-A hafizhah kami paling bersemangat menyambut shalat terutama ketika ayahnya akan berangkat ke masjid.

Membaca iqra' sebenarnya bukan keharusan bagi Asma' dan 'Aisyah yang usianya belum 7 tahun. Namun, mengajak untuk sekadar mengenal huruf hijaiyyah bagi saya dan suami tak masalah. Kami pun tidak memaksakan bila keinginan itu datang langsung dari putri kami. Asma' selalu menagih untuk mengaji pada saya. Keinginannya itu kami sambut dengan suka cita tanpa menggurui. Mengupayakan sesuatunya bisa menjadi menyenangkan, termasuk ketika belajar membaca iqra'.

Merapikan mainan sudah menjadi standar di rumah kami. Dalam hal ini, lebih kepada mengajak saja untuk membantu saya ketika merapikan mainan duo-A hafizhah kami di jelang tidur malamnya. Tujuannya pun agar mereka pun merasa nyaman ketika akan tidur, dan boleh membongkar kembali mainannya setelah bangun tidur pada keesokan harinya.

Adapun untuk kegiatan pekanan semisal muraja'ah, disesuaikan kondisi Asma'. Alhamdulillah, Asma' telah mencapai hafalannya pada Juz 30. Butuh waktu dan perjuangan untuk bisa me-muraja'ah hafalan bagi seorang Asma' yang belum mengenal huruf hijaiyyah. Sehingga me-muraja'ah pun tentu butuh pendampingan dan membantu memperbaiki bacaan dari hafalan Asma' pada juz 30, masyaa Allah.

Sejauh ini, alhamdulillah kegiatan lainnya seperti membacakan shirah sudah kami lakukan hampir setiap hari. Bahkan Asma'Aisyah kadang meminta dibacakan buku ensiklopedi yang telah kami siapkan pula untuk 3A. Untuk hadits, masih sebatas jadwal yang semoga bisa kami laksanakan ke depannya in syaa Allah.

#BasmahThariq
#Day4
#Tantangan10Hari
#Level3
#KuliahBunsayIip
#FamilyProject
 

Bianglala Basmah Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea