19 Juli 2010

Membangun Doa

Posted by Basmah Thariq at 20.29.00


"Betapa angkuhnya manusia jika ia tak pernah melibatkan Allah dalam hidupnya. Manusia itu tidak bisa apa-apa selain meminta-minta padaNya. Bahkan untuk setiap tarikan napas kita bergantung pada rahmatNya."

Tiba-tiba kata-kata itu hadir dari seseorang pada perjumpaan beberapa waktu lalu di benak. Bukan untuk mengelus, tapi lebih tepatnya menampar perasaan siapapun ia yang begitu sibuk pada kegaduhan-kegaduhan yang menderanya. Jika ada sesuatu yang tak bersambut inginnya, barulah mengangkut puluhan hingga jutaan nyeri, keluh, dan lainnya di hadapanNya.

Hm.. sederhana, memang!! Hanya cukup memanjatkan doa setiap memulai aktifitas kemudian mengayunkan langkah untuk memulai usaha. Tapi, yang menjadi masalah adalah melibatkanNya, DOA!!

Terkadang kegiatan ini disepelekan oleh banyak pihak. Hanya mengandalkan kemampuannya walau sudah dipastikan Allah memberikan suatu keberhasilan tanpa ia meminta. Tapi, sadarkah bahwa setiap langkah itu ada Allah di baliknya?

Dan, akan memulai memanjatkan doa dengan menghadirkan segenap jiwanya jika ada hal-hal yang membuat dirinya terdesak, mentok pada keadaan, merasa K.O, dll. Hingga kegiatan spritual yang telah lama hengkang dari kehidupannya mulai digulirkan kembali. Seperti shalat tahajjud, shalat dhuha, atau shalat sunnah lainnya. Mungkin sampai puasa Senin-Kamis kembali diaktifkan. Sangat fenomenal, jika suatu yang diinginnya telah direnggut, kegiatan spritual pun ditinggalnya. Adakah kita termasuk di dalamnya?

Ah... Betapa naifnya diri kita. Padahal Allah membentang tanganNya setiap saat bagi hamba-hamba yang meminta. Tapi, kadangkala kita akan menyadari "kebutuhan" tersebut saat menerima sekelumit masalah. Ampuni hambaMu, ya Rabbi..

Lagi-lagi pertemuan sejenak tersebut mengajari saya tentang kebutuhan kita sebagai makhlukNya. Saat hari ini menemui lagi rasa sedih, saya berucap pelan, "Ya Allah, jangan biarkan langkahku kehilangan jejakMu walau sedetik."
 

Bianglala Basmah Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea