20 Juli 2010

Akibat Kurang Minum Air

Posted by bianglalabasmah at 7/20/2010 12:39:00 PM

Sebenernya kenapa sih kita harus minum air putih banyak-banyak? Sebenarnya jawabannya cukup “mengerikan” tapi berhubung ini menyangkut kesehatan maka harus dijelaskan sedetil-detilnya dan berikut penjelasannya.
Sekitar 75% tubuh manusia terdiri dari air. Bahkan ada beberapa bagian organ tubuh kita yang memiliki kadar air diatas 75%. Dua komponen tersebut adalah otak dan darah. Otak manusia mengandung komponen air kurang lebih 90%, sementara pada darah terdapat sekitar 95% komponen air .
Manusia normal sedikitnya harus minum 2 liter air sehari atau setara dengan 8 gelas ukuran sedang. Jumlah itu harus ditambah jika anda perokok. Air yang banyak itu diperlukan untuk mengganti cairan yang hilang dari tubuh kita lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi. (proses pengeluaran oleh sel dan kelenjar hasil pengeluaran tersebut berupa getah yang umumnya mengandung hormon)
Lalu apa yang akan terjadi kalo kita minum kurang dari 2 liter sehari? Tentu saja tubuh kita yang canggih ini akan menyesuaikan diri. Lalu bagaimana cara tubuh kita ini menyesuaikan diri dengan keadaan? Tubuh kita akan “menyedot” air dari komponen dan organ tubuh sendiri dan sumber terdekat yang disedot adalah darah.
Darah yang kandungan airnya disedot akan menjadi kental. Pengentalan darah ini menyebabkan peredarannya kurang lancar dibandingkan darah yang mengandung cukup air. Sewaktu darah kental ini melewati ginjal, organ ini harus bekerja sangat keras menyaring darah. Karena saringan pada ginjal (glomerulus) ini sangat halus, maka tidak jarang darah yang kental ini justru merobek glomerulus. Robeknya glomerulus ini akan menyebabkan air seni berwarna kemerahan, tanda dimulainya kebocoran saringan organ ginjal. Bila keadaan seperti ini dibiarkan terus berlanjut, suatu saat anda akan menghabiskan jutaan rupiah setiap minggunya hanya untuk mencuci darah.
Ketika darah yang mengental mengalir melewati otak, perjalanannya akan terhambat. Otak tidak lagi “encer” dan karena sel-sel otak adalah yang paling banyak mengkonsumsi makanan dan oksigen, lambatnya aliran darah akibat pengentalan ini bisa menyebabkan sel-sel otak cepat mati dan tidak berfungsi lagi. Akibatnya fungsi otak seperti daya ingat, refleks, dan sensitivitas organ indra akan terganggu. Apabila hal ini kemudian ditambah dengan penyakit jantung, maka serangan stroke hanya tinggal menunggu waktu saja.
Sekarang anda bisa bisa membuat pilihan sendiri, melakukan “investasi” kesehatan dengan cara minum air putih sedikitnya 2 liter per hari, atau kelak “membayar bunga” lewat gagal ginjal atau stroke. Yang manakah pilihan anda?

sumber:
http://kocakgila.com/akibat-kurang-minum-air/

catatan: Bas, jangan malas lagi !!!
 

Bianglala Basmah Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea