16 Maret 2010

Jeda Sejenak

Posted by bianglalabasmah at 3/16/2010 01:54:00 PM


"Tak sepantasnya seseorang berucap keluh dikala nikmatNya begitu berhamburan di bumiNya." Seuntai nasehat di sebuah majelis ilmu yang tergelar beberapa waktu yang lalu memberikan efek di hari ini.

Yah, saat-saat seseorang sudah berada pada titik jenuh, karena pergolakan hati yang senantiasa mengalami pergesekan emosi, jiwa yang penat dan tak lagi terbendung, hingga saya tertohok pada kalimat tersebut.

Seiring bergulirnya waktu, beban yang dipikul pun terkadang melahirkan keluh kesah yang tak terduga.
"Rasanya pengen nangis.." Keluhku spontan. Kata-kata ini lebih sering terucap akhir-akhir ini saat seringnya mengalami kekecewaan yang berkepanjangan oleh banyak hal dalam memainkan peran hidup. Tentang kuliah yang tak pernah usai memberikan ruang dan waktu untuk jeda, pun dengan kejaran deadline pada beberapa proyek yang bertarung untuk diselesaikan segera. Ditambah kondisi saya yang sering terjatuh bangun. Hingga saya ingin jeda sejenak. Jeda menatapi hari-hari yang pernah saya telusuri.

"Kenapa jadi bertolak dari biasanya, ukhti? Bukankah ukhti yang biasanya punya 1001 cara untuk membangkitkan semangat adik-adik di sekolah? Juga dengan teman-teman lainnya?" Seseorang menimpali keluhan saya.

Sepanjang perjalanan hidup, beberapa nama mempercayakan kisah mereka pada saya. Mungkin pada situasi ini, saya menampakkan kedewasaan saya. Tapi, saya ingin menasehati diri. Jangan-jangan, tanpa sadar selama ini saya telah membuat diri ini terlihat sempurna. Tak punya celah dan selalu nasehat atau solusi yang keluar dari mulut. Menampakkan diri orang yang paling tegar yang tak pernah terlihat rapuh. Apalagi keluhan.

Siapakah diri ini yang tak berdaya? Karena diri ini tetaplah manusia. Bukan malaikat.
 

Bianglala Basmah Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea