20 Januari 2018

Standar Harian

Posted by bianglalabasmah at 1/20/2018 10:34:00 AM

Bismillah...
Kerap ditanya tentang keseharian anak-anak, terlebih ketika mulai banyak yang tau bahwa in syaa Allah Asma', 'Aisyah dan Afra' homeschooling. Tentang keseharian, apa saja yang mereka lakukan, sampai siapa yang mengakar dan bagaimana cara mereka belajar di usia balita, batita dan bayi.

Tentunya masih banyak kekurangan pada kami sebagai orangtua. Kami hanya berupaya melakukan apa yang menjadi keseharian yang umumnya dilakukan sebagai seorang muslim.

Homeschooling bukan memindahkan sekolah ke rumah. Apalagi pada usia di bawah 7 tahun. Sehingga yang menjadi guru tentu orangtua, menjadi teladan pertama dalam keseharian. Maka dibutuhkan kebiasaan yang lazimnya dilakukan sebagai muslim.

Standar Pagi:
Aktivits Subuh (Mandi, Sikat Gigi, dan Berwudhu), shalat subuh, tadarrus, baca sirah, aktifitas di luar rumah seperti: memberi makan ayam, siram tanaman kemudian sarapan yang sebagian besar dihandle sama abinya.

Alhamdulillaah kami berusaha bangun sebelum subuh. Anak-anak pun bangun lebih awal jadi urusan mandi, dan lainnya selesai sebelum abinya berangkat ke masjid. Setelah dr masjid, sambil minum madu hangat dan masih dihandle sama abinya untuk ikut tadarrus meski sebatas menyimak saja. Kemudian berlanjut pada halaqah keluarga dengan muraja'ah hafalan atau membacakan sirah (dikondisikan). Pukul 6.00, anak-anak keluar rumah memberikan makan ayam, siram tanaman, dan jalan pagi atau senam pagi ala-ala pemanah 😃. Saat anak-anak dibawa keluar rumah, Umminya sibuk di dapur. Jadi Pukul 7.00 kami baru sarapan. Kemudian aktivitas bebas sampai mengantar abinya berangkat kerja.

Setelah abinya berangkat kerja, anak-anak baru saya handle. Standar sebelum tidur jam 9.00 itu: Saya men- talqin 1/4 juz sampai anak-anak minta tidur.

Standar siang: Bangun tidur dan shalat dzuhur, makan siang, aktivitas bebas ini sesuai permintaan anak-anak (biasa minta dibacakan buku, menulis ato mewarnai, dan baca iqra')

Standar sore: shalat ashar, cemilan time, memberi makan ayam, bersepeda di halaman rumah, dan bantu ummi memasak (sekarang alhamdulillaah sudah bisa jadi asisten untuk mengambilkan sendok, piring, kupas bawang, potong-potong tahu/tempe/tomat/terong, memetik daun sayuran); dan mandi sore.

Standar malam: Jelang magrib merapikan mainan dan buku, shalat magrib, mengaji sambil menunggu kedatangan abinya, makan malam, shalat isya, bermain sama abi, bebersih sebelun tidur dan melakukan adab sebelum tidur serta mentalqinkan 1/4 Juz.

#BasmahThariq
#Tantangan10Hari
#Level7
#Day2
#KeluargaBintang
#KuliahBunsayIIP

 

Bianglala Basmah Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea