21 Januari 2018

Di Balik Rival Siblings #1

Posted by bianglalabasmah at 1/21/2018 08:16:00 PM
Belum genap usia dua tahunnya Asma', lahir adiknya, 'Aisyah dengan segala perhatian dan kasih sayang sang kakak yang mulai terbagikan. Ditambah dengan perkembangan si adik begitu melesat masyaa Allah hingga sering dianggap kembar ketika Asma' dan 'Aisyah sedang bersama.

Ada upaya dari kami, saya dan suami untuk tidak membanding-bandingkan keduanya. Mengingat setiap anak adalah unik. Mereka berkembang dengan segala keunikannya masing-masing. Maka membandingkan antara si kakak dengan si adik akan menumbuhkan persaingan, atau lebih dikenal dengan istilah rival siblings.

Sekecil apapun yang dilakukan oleh putri kami, maka kami mengupayakan penghargaan setinggi-tingginya. Dan tidak menyebut kekurangan anak tersebut di hadapan saudaranya. Berusaha tidak membandingkan, terlebih menyudutkan yang akan menjatuhkan harga diri dan kepercayaan anak.

Semisal menghindari kalimat:
"Ayo, habisin makanannya 'Aisyah. Itu kakak Asma' udah habis nasinya."


Mengganti dengan menggunakan kalimat:
"'Aisyah, makanannya dihabisin nak. Wa laa habbah*. Ada berkah di sisa makanan terakhir."


Sejauh ini alhamdulillaah mendapat respon dari anak-anak yang bersegera mengikuti instruksi yang membangun. Tanpa ada yang disudutkan maupun dilukai. Dan semoga lisan kami selalu Allah mudahkan dalam berujar kebaikab dengan penuh hikmah.


#BasmahThariq
#Level7
#Tantangan10Hari
#Day6
#KeluargaBintang
#KuliahBunsayIIP



*tak sebiji = tidak bersisa
 

Bianglala Basmah Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea