17 Maret 2018

Memahami Diri dalam Memantaskan Diri

Posted by bianglalabasmah at 3/17/2018 04:30:00 PM
Jika kita ingin tahu tugas kita masing-masing, maka carilah perangkat unik dalam diri masing-masing.

Pada Pandu 45, 34 Tema Bakat itu merupakan kata sifat yang disebut BAKAT. Sedangkan ST30 atau 30 streght typology itu kata benda yaitu PERAN.

Bakat adalah Jalan.
Peran adalah Cara.

Dalam tugas ini mengidentifikasi bakat dan peran dilakukan dengan cara organik atau natural, tanpa melihat hasil test Talent MappingDari indikator yang tertulis pada pandu 45 dan ST 30 halaman 6-13, saya memilih tema bakat dan peran yang paling pas atau cocok dengan apa yang saya rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Saya juga memasukkan faktor penting pada hal yang saya BISA dan SUKAI. 

Berikut ini hasil yang saya temui:

7 Bakat dan 6 Peran Dominan

Keterangan 7 bakat dominan.
  1. LEARNER: Suka belajar hal baru.
  2. INPUT: Mengumpulkan berbagai informasi/koleksi barang.
  3. RESPONSIBILITY: Memegang teguh janji, pasti ditunaikan.
  4. IDEATION: Selalu memiliki ide-ide baru.
  5. HARMONY: Tidak menyukai konflik, tidak berani konfrontasi.
  6. DELIBERATIVE: Sangat teliti, waspada, hati-hati melihat sebelum melompat.
  7. COMMUNICATION: Suka menyampaikan idenya, pikirannya dengan cara yang mudah dipahami.

Keterangan 6 Peran Dominan
  1. COMMUNICATOR: Bisa menyampaikan informasi secara lisan dengan cara yang mudah dimengerti.
  2. CREATOR: Menemukan imajinasi untuk menemukan suatu rancangan produk atau layanan yang terbaru.
  3. DESIGNER: Membuat gambar dari sesuatu (bangunan atau produk), yang direncanakan untuk dibuat.
  4. EDUCATOR: Mengajar, menyampaikan atau melatih ilmu dan atau keterampilan agar bisa dipahami oleh orang lain.
  5. EVALUATOR: Menimbang atau mempelajari dalam rangka memutuskan sesuatu terkait nilai, mutu, kepentingan atau kondisi.
  6. SERVER: Melayani orang lain sebagai pekerjaan, tugas atau keinginan yang tulus.

Alhamdulillah, sedang berusaha memahami diri dalam memantaskan diri dari  hasil identifikasi bakat dan peran yang saya tulis di atas memiliki keserasian. Semoga dengan jalan yang saya dapati pada diri saya bisa menjadi cara dalam memantaskan dan menggunakan perangkat unik dalam diri. Tak luput meminta pada Allah ta'ala sebaik-baik KehendakNya agar menggapai ridhaNya.

#RuangBerkaryaIbu
#Proyek2
#TugasMateriSatu
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu 
 

Bianglala Basmah Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea