3 Maret 2018

Cerita Asma' #4: Bersyukur

Posted by bianglalabasmah at 3/03/2018 11:30:00 PM

"Alhamdulillaah, hari ini makannya satu saja dulu ya kak. Kalo habis, ingat bilang alhamdulillaah.." Pesan kami sebelum memberi cemilan.

Asma'Aisyah sejauh ini alhamdulillah manut. No drama-drama. Meski mereka tahu, bahwa cemilan yang mereka punya masih ada. "Yang ini untuk besok ya, Ummi?" Tunjuk Asma' yang melihat saya menyimpan stok cemilan dalam lemari dapur.

"Iya, in syaa Allah." Saya pun tersenyum dan selalu bersyukur karena taufiq dari Allah sehingga putri kami mengerti.

"Kalo nanti habis, Asma' mau berdoa dulu, Ummi. Supaya Allah mudahkan rizki Abi Ummi." Sambung Asma' yang mengulang perkataan saya dan abinya di setiap kesempatan.

"'Aisyah juda (juga) mau be(r)doa." Ujar 'Aisyah yang rupanya menyimak sejak tadi.

"Masyaa Allah.. Barakallaahu fiikumaa kakak Asma' dan 'Aisyah." Saya hanya bisa berbalas doa pada mereka. 

Speechless setiap kali mendapati keteguhan hati mereka.

Hanya butuh kesabaran dalam membersamai mereka, wahai Ummi. Menumbuhkan iman, memelihara dan menggemburkan fitrah mereka sejatinya. Mereka tak lantas seperti ini kalau bukan karena pertolongan dari Allah.

Bukan pula tentang seberapa sanggup kita memberikan kepada anak. Melainkan seberapa mampu menghadirkan sifat qana'ah, merasa cukup atas apa yang ada di hadapan kita. "Harus bersyukur, 'Aisyah.." Ujar Asma' di suatu pagi ketika menghadapi keinginan sang adik yang kadang masih mau meminta jatah lebih dari kesepakatan awal.

Tak jarang kami menceritakan anak-anak di luar sana yang tidak seberuntung mereka 'alaa bi idznillaah. Demi sesuap nasi, mereka harus menempuh jalan panjang menjajaki jualan gorengan misalnya. (Asma'Aisyah sering kami ajak dialog tentang kondisi ini).

Tentang anak-anak di Palestina, Syria, Myanmar dan di bumi Allah lainnya. Bukan saja menahan lapar dan dahaga. Tapi bertaruh nyawa demi mempertahankan keimanan mereka. Maka bersyukurlah. Tahanlah segala keinginan yang berlebih. Infaqkanlah sebagian hartamu dan panjatkan doamu. Allaahul musta'an


 

Bianglala Basmah Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea