22 Maret 2018

(Masih) Dalam Ruang Memantaskan Diri

Posted by bianglalabasmah at 3/22/2018 10:58:00 PM

7 Bakat dan 6 Peran Dominan
Bismillah... Masih seputar dalam memantaskan diri. Mengenai bakat dan peran yang perlu diberikan ruang.

Ruang untuk 7 bakat dominan.
1. LEARNER: Senang belajar. Merasa penasaran dengan istilah baru. Sebelum bertanya, lebih suka mencari tahu sendiri sampai benar-benar merasa mentok dan butuh penjelasan secara detail barulah bertanya. Hal yang terpenting ketika belajar, selalu menimbang-nimbang seperti, “Pantaskah untuk saya? Syar’I kah? Sesuai dengan Al Qur’an dan Sunnah?”

2.  INPUT: Senang mengumpulkan informasi. Kadang bisa dikategorikan kepo pada banyak hal. Tapi kembali pada diri saya, kepo-nya itu mencari informasi sendiri sebanyak-banyaknya barulah bertanya kepada yang bisa memberikan penjelasan dengan baik. Selain itu, saya termasuk senang menyimpan dan mengoleksi barang-barang yang bisa suatu hari akan berguna, make over barang lama, dan sebagainya.

3.  RESPONSIBILITY: Dalam hal ini, saya berusaha realistis terhadap apa yang bisa dan saya anggap mampu saya lakukan. Terutama pada anak dan suami juga pada orangtua. Tidak mudah mengumbar janji bila memang saya tak sanggup lakukan.

4.   IDEATION: Selalu menyampaikan apa yang saya anggap unik dan mencari hal-hal baru yang kadang ingin saya lakukan. Ide-ide itupun sampai saat ini masih sebatas cita-cita sebab ingin saya bisa fokus kepada keluarga.

5. HARMONY: Menghindari komentar pada banyak status yang berseliweran di timeline, misalnya. Memilih diam bila berseberangan pendapat. Bukan merasa kerdil di hadapan orang yang kadang terlihat benar atau lainnya. Tapi, menasehati, memberikan masukan, tanggapan dan saran bagi saya adalah sesuatu yang disampaikan bila dipinta. Kalaupun posisinya perlu dinasehati, lebih melihat pada adab bagaimana menasehati seseorang tersebut. Satu hal lagi, meninggalkan perdebatan sekalipun apa yang menjadi prinsip kita adalah benar.

6.  DELIBERATIVE: Senang belajar dan mengenal hal baru bukan berarti ingin merangkul segalanya. Segala informasi misalnya, perlu difilter. Dipilah dan dipertimbangkan secara matang. Balik lagi, segala kehidupan saya dikembalikan kepada Al Qur’an dan Sunnah. Mengingat segala perilaku kita muaranya kepada Allah subhanahu wa ta’ala, meggapai ridhaNya.

7. COMMUNICATION: Senang bercerita dengan segala hal yang berkaitan pengalaman kehidupan. Bagi yang kenal saya, umumnya tahu bagaimana saya senang bercerita, berdiskusi, dan diminta untuk berpendapat.

Ruang untuk 6 Peran Dominan

1.   COMMUNICATOR: Sebelum nikah, sering diminta sebagai MC (maaf, narsis), ketua kelompok diskusi, dan sering bercerita banyak hal ketika berada di tengah keluarga. Saat ini, peran sebagai communicator ada pada ranah keluarga. Misal, selalu meluangkan waktu untuk bercerita bersama anak. Menyampaikan segala aktivitas yang kepada suami. 

2.  CREATOR: Senang membuat yang saya anggap bisa saya buat dari barang bekas.  Ala-ala homemade. Contoh: Mainan anak-anak dan perlengkapan belajar anak.

3.  DESIGNER: Senang pada desain grafis dan masih suka desain grafis. Senang menjahit juga. Ke depannya in syaa Allah ingin membuat buku dan pakaian anak-anak dari hasil rancangan saya. Aamiin.,

4.  EDUCATOR: Fitrah setiap ibu in syaa Allah adalah pendidik. Saya termasuk lulusan pendidikan guru sekolah dasar. Tapi pendidik itu perangkat yang Allah ciptakan untuk setiap ibu. Alhamdulillaah..

5.   EVALUATOR: Muhasabah diri. Selain itu, memanfaatkan portofolio anak yang saya siapkan untuk anak-anak bisa menjadi tolak ukur seberapa jauh anak-anak dalam belajar, progress dalam keseharian, serta seberapa jauh target yang telah dicapai.

6.   SERVER: Saat ini fokus sebagai hamba Allah, anak untuk orangtua, saudara kepada ke-6 saudara kandung dan saudari sahabat saya, sebagai ibu kepada anak-anak, dan sebagai istri untuk partener surga saya.

#RuangBerkaryaIbu 
#Proyek2
#TugasMateriDua 
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu 


 

Bianglala Basmah Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea