24 Maret 2017

NHW 09: Bunda sebagai Agen Perubahan

Posted by Basmah Thariq at 14.32.00
Bismillaahirrahmaanirrahiim...
Alhamdulillaah..  Masih bisa dapat mengenyam ilmu pada kelas matrikulasi. Tentang Bunda sebagai Agen Perubahan. The last Nice Homework -mungkin ya- secara teori. Namun, Nice Homework ini menjadi PR di kehidupan saya. Adalah sebentuk cita-cita kecil yang tengah saya susun step by step dengan bantuan suami, bi idznillaah. Betapa banyak permasalahan hari ini yang sering kita dapati di sekitar yang bisa terpecahkan jika setiap keluarga berperan dalam perubahan kebaikan di masyarakat. Meskipun perubahan itu terlihat sederhana.
Saat menulis ini seperti pun membayangkan, sekiranya setiap ibu mengambil peran dalam membangun peradaban, maka wujudnya in syaa Allah akan dirasakan oleh keluarga dan masyarakat. Salah satu cara untuk mendukung bunda sebagai agen perubahan adalah dengan berempati yang kemudian dibarengi dengan passion masing-masing yang bisa mendukung.
*
Social venture adalah suatu usaha yang didirikan oleh seorang social enterpreneur baik secara individu maupun organisasi yang bertujuan untuk memberikan solusi sistemik untuk mencapai tujuan sosial yang berkelanjutan.

Sedangkan social enterpreneur adalah orang yg menyelesaikan isu sosial di sekitarnya menggunakan kemampuan enterpreneur.

Sehingga bunda bisa membuat perubahan di masyarakat diawali dari rasa emphaty, membuat sebuah usaha yang berkelanjutan diawali dengan menemukan passion dan menjadi orang yang merdeka menentukan nasib hidupnya sendiri.

Hal ini akan membuat kita bisa menyelesaikan permasalahan sosial di sekitar kita dengan kemampuan enterpreneur yang kita miliki. Sehingga untuk melakukan perubahan tidak perlu menunggu dana dari luar, tapi cukup tekad kuat dari dalam.

Mulailah dari yg sederhana, lihat diri kita, apa permasalahan yg kita hadapi selama ini, apabila kita bisa menyelesaikan permasalahan kita, dan membagikan sebuah solusi, bisa jadi ini menjawab permasalahan yg dihadapi oleh orang lain. Karena mungkin banyak di luar sana yg memiliki permasalahan yg sama dengan kita.

Setelah selesai dengan permasalahan kita sendiri, baru keluar melihat isu sosial yg ada di sekitar kita.

***
Bismillaah, semoga Allah mudahkan dan mengizinkan dalam menjalankan tugas-tugas ini. Bukan sekadar tugas yang tertulis, melainkan sebuah wujud nyata. Aamiin...
Salam Ibu Pembelajar

Basmah Thariq / Ummu Asma'


1 comment

15 Juni 2017 10.07

jadi belajar gw..

salam kenal

darumanihongo.blogspot.com

Posting Komentar
 

Bianglala Basmah Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea