17 Maret 2017

NHW 08: Misi Hidup dan Produktivitas

Posted by Basmah Thariq at 15.36.00
Bismillaahirrahmaanirrahiim…


Alhamdulillaah, masih bisa stay di kelas Matrikulasi di pekan ke-8. Ketika awal-awalnya hanya menerka-nerka tentang ‘isi’ dari matrikulasi tersebut. In syaa Allah dengan modal menerka-nerka, sambil menyelami materi tiap pekan dan mengupayakan dalam pengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari lebih mengarahkan saya ke arah mana produktivitas tersebut.

Melirik pada bakat dan passion yang memudahkan saya dalam menjalankan misi hidup yang selaras dengan perjalanan produktivitas. Dalam Nice Homework ke-8, diminta kembali untuk melihat dan mengambil salah satu dari ranah aktivitas yang telah ditulis pada Nice Homework ke-7, kuadran SUKA dan Bisa. Dalam hal ini, saya senang pada aktivitas rumahan; mendesain dan melakukan aktivitas bersama anak (belajar dan bermain).

“BE DO HAVE” di bawah ini:

BE
Fitrahnya seornag perempuan. Ibu, menjadi sekolah pertama dan utama bagi anak-anaknya. Mereka belajar lewat apa yang mereka lihat, dengar, dan rasakan. Mereka belajar dari apa yang seorang ibu mereka ucapkan dan lakukan.

DO
Belajar dari sumber yang shahih. Al Qur’an dan Sunnah. Parenting Nabawiyyah, satu di antaranya yang menguatkan saya dalam perjalanan produktivitassaya. Sebab teladan ada pada sosok Rasulullaah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, bukan pada teori-teori lain yang dikemukakan oleh orang barat pada umumnya dalam melahirkan generasi rabbani, in syaa Allah.

HAVE
Alhamdulillah, dengan kekuatan yang saya miliki, sebagai educator, designer, dan server yang cukup mendominasi menjadi komitmen awal dan dukungan dari suami dalam menjalankan aktivitas bersama anak, in syaa Allah.


3 Aspek Dimensi Waktu
Lifetime Purpose
Dalam kurun waku kehidupan saya, in syaa Allah ingin menjadi seorang khalifah yang bisa memainkan peran sesuai kadar dan fitrah sebagai perempuan. Menjadi ibu professional, istri yang shalehah, dan anak yang berbakti kepada orangtua, In syaa Allah. Walaupun dalam hal tersebut tidak semudah yang dituliskan. Namun, semoga cita-cita ini bisa diwujudkan. Allaahumma Aamiin..

Strategic Plan
Dalam kurun 5-10 tahun, jika Allah menghendaki, ingin bersama suami menciptakan suasana belajar dan lingkungan yang kondusif untuk anak-anak. Bisa melahirkan generasi rabbani yang hafizh/hafizhah, dan shaleh/shalehah.

New Year Resolution
Dalam kurun satu tahun, berharap bisa fokus dalam aktivitas anak baik pada belajar maupun bermain anak-anak. Bersabar dan bisa menjadi teladan bagi anak-anak, mengenyahkan rasa malas dan egois dalam diri. Seiring dengan itu pula, saya bisa melahirkan sebuah buku dengan harapan besar bisa memotivasi saya dan orang lain dalam mendampingi dan mendidik anak-anak.

Bismillaah...
Mulailah dengan PERUBAHAN, karena pilihannya hanya satu BERUBAH atau KALAH


Salam Ibu Pembelajar



Basmah Thariq / Ummu Asma'



 

Bianglala Basmah Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea