25 Januari 2017

NHW 01: Adab Menuntut Ilmu

Posted by Basmah Thariq at 11.05.00
Nice Homework (NHW) perdana menjadi sajian yang paling mendebarkan. Seringnya menyimak di grup Whatsapp IIP Foundation as silent reader, tentu ada rasa ingin tahu yang tinggi terutama setelah ruangan chat dibanjiri oleh aliran rasa bagi yang telah lulus di kelas Matrikulasi IIP batch #2. Dan ada apa dengan kelas matrikulasi berasa seperti baru mendapatkan sebagian puzzle yang siap disusun setahap demi setahap. Tak luput, materi perdana yang disajikan di dalam kelas sebagai pembuka adalah Adab Menuntut Ilmu. Hal yang utama memang perlu dipahami bagi setiap pembelajar. Berharap dengan materi ini, bisa direnungkan dan dipahamkan tentunya untuk diamalkan. Ketika menuntut ilmu adalah sepatutnya wajib, maka yang perlu diperhatikan pun adalah adab bagaimana dalam menjemput ilmu itu sendiri.
Berikut NHW 01 dari materi Adab Menuntut Ilmu:
1. Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan ini.
Ilmu parenting
2. Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut.
Sebab pertama, ibu adalah anugerah dari Allah ta'ala, bahkan ada satu riwayat, Rasulullaah shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah mengunggulkan ibu sebanyak tiga kali dari seorang ayah. Kedua, ibu adalah sekolah pertama dan utama. Ketika seorang ibu telah dipersiapkan dengan baik maka sesungguhnya seperti mempersiapkan generasi yang kuat dan baik.
3. Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan di bidang tersebut?
Al ‘ilmu qablal qaul wal ‘amal (Berilmu sebelum berkata dan berbuat). Maka menjadi seorang ibu tetap menjadi pembelajar dalam kehidupan terutama ketika akan dan setelah menyandang status istri dan ibu. Berilmu bisa dengan membaca beragam buku dan dengan menghadiri majelis-majelis ilmu serta terlibat dalam suatu komunitas selama yang di dalamnya tidak menyimpang dan bersumber pada Al Qur’an dan As Sunnah. Karena dua inilah yang menjadi warisan terbaik Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam yang pada ummatnya dan dapat dipertanggungjawabkan di hadapan Allah ta’ala kelak.
4. Berkaitan dengan adab menuntut ilmu, perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut.
Ikhlas karena Allah dan tidak terburu-buru dalam setiap menerima ilmu dan informasi yang begitu cepat hadir di hadapan kita. Perlunya pengontrolan niat setiap kali ada hal-hal baru tertama ketika dalam mengamalkan ilmu, mengambil sumber yang jelas lagi shahih dengan bertabayyun adalah terpenting. Karena di sanalah keberkahan dari seorang penuntut ilmu. Ilmu akan membekas dan bermanfaat bila mengambil dengan cara yang haq.
Menuntut ilmu adalah salah satu cara meningkatkan kemuliaan hidup kita, maka carilah dengan cara-cara yang mulia”

Salam Ibu Pembelajar,


Basmah Thariq / Ummu Asma’
 

Bianglala Basmah Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea