26 Oktober 2010

Refleksi: Status Anak Rantau

Posted by bianglalabasmah at 10/26/2010 08:45:00 AM

"Oohh nenek..ku tau dirimu sangatlah mencintai sayur asem lebih daripada jenis sayur lainnya yang ada di bumi,ku sadar dan mengerti dirimu juga sangatlah menyayangi dan menyukainya tanpa tara, meski aral rintangan senantiasa menghadang. Namun apakah pernah terlintas dibenakmu wahai nenek ku,cucu kesayanganmu ini semakin lama semakin merasa jenuh.. Akan kah dirimu berniat memasak menu sayur lain?"

Saya merasa sedikit tergugat dengan kehadiran status seseorang yang terlayangkan di jejaring pertemanan, Facebook. Mengingat sosoknya sebagai anak rantau yang tengah mengenyam ilmu di pulau seberang. Terbetik dalam fikirku, andai saja saya berada di posisinya, atau di posisi anak-anak rantau lainnya yang lebih memprihatinkan. Maklum, saya baru mengenal dunia "anak kost" saat duduk di bangku perkuliahan. Jadi, sangat buram tentang suka duka mereka.

Sebenarnya saya tak mempermasalahkan statusnya yang tengah jenuh dengan makan sayur asem yang menurut saya begitu "mendramatisir". Hingga menyematkan kata-kata indahnya yang sebenarnya sederhana. Tapi, justru dari status ini, Allah ingin membalikkan fikiran saya yang sedikit "kaku" dalam memaknai makna syukur.

Jadi ingat teman-teman saya yang juga dominan anak rantau, yang sangat memperhitungkan masalah financialnya jika harus terogoh lagi. Sedangkan saya? Saya akan merengek kehausan jika itu akan terjadi.


Dan, sekali lagi, Allah menjawab rasa kekhawatiran saya dengan segenap peristiwa yang terhampar dalam perjumpaan hidup ini. Meski kadangkala saya tak sanggup dalam mendefinisikan maksudNya, tapi dalam fikiran yang letih ini mampu membaca maknaNya.


Teriring perasaan bersalah saya dengan tuntutan profesi "financial" pada kelas yang tengah tergeluti, ingin rasanya banyak menjumput makna lewat status-status yang terlayangkan di beranda jejaring pertemananku.


: Terima kasih atas Statusnya
AR yang telah mengajari kosa kata yang baik..
Pun dengan teman-teman di Kemilau Kampus, Orange..


 

 

Bianglala Basmah Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea