2 Mei 2018

Big Project

Posted by bianglalabasmah at 5/02/2018 11:05:00 AM
Bismillaah..
Saat ini sedang fokus utama saya dan suami adalah dalam hal pendidikan anak. Konsep yang dijalankan dalam pendidikan pada ketiga putri kami Asma', Aisyah, dan Afra' berdasarkan Al Qur'an dan Sunnah in syaa Allah. Dengan konsep Fitrah Based Education yang memang 2 tahun ini sedang kami pelajari dan beberapa kali kami mengikuti rangkaian kajian FBE dari Ustad Harry Santosa dan mengikuti grup HEbAT.


Beberapa contoh penerapannya saat ini adalah saya membuat jurnal kegiatan sebagai salah satu tahapan membuat portofolio 3A menggunakan framework FBE dan kegiatan harian 3A berdasarkan konsep FBE.

Adapun ilmu dalam penerapannya saya memilih sebagaimana umumnya yang sering disampaikan oleh Ustadz Budi Ashari, Lc berupa pengenalan tauhid.

Harapan ke depannya, kami bisa menyusun dan membukukan sebagai panduan pendidikan nabawiyah untuk anak-anak pra usia dini. Sekaligus menebar ilmu nabawiyah dan kegiatan-kegiatan yang bisa menumbuh fitrah iman kepada anak-anak sejak usia dini. Semoga dengan kehadiran buku tersebut, kelak akan membantu setiap orangtua dalam mengenalkan Iman dan tahapan-tahapannya sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rasulullaah shallallaahu 'alaihi wa sallam.

Adapun  langkah yang sedang kami jalani bersama adalah menyusun kurikulum. Dan kurikulum yang kami siapkan mencakup pada:
  1.  Kurikulum disesuaikan dengan usia (0-7) yang sifatnya flexible dan mudah diterima.
  2. Mengenalkan iman dan membacakan sirah disesuaikan dengan penguasaan literatur anak.
  3. Belajar dengan metode Al Hifzh (menghafal), yaitu: dimana men-tasmi’ dan men-talqin (usia 0-7 tahun) secara berulang dan berlanjut terhadap materi yang ingin disampaikan. Hal ini berupa bacaan Al Qur’an, doa-doa pada amal yaumiyah,  dan pengenalan tauhid.
  4. Belajar tanpa dipaksa. Melalui dari kesadaran dan keinginan yang ditumbuhkan.
  5. Orangtua dalam hal ini selain sebagai rule model, juga sebagai pembimbing, fasilitator, dll yang mampu menumbuhkan rasa ingin tahu anak dalam ketaatan, kebaikan dan perkembangan.
  6. Selalu memohon pertolongan kepada Allah di setiap kelas kehidupan yang membersamai anak untuk menjadikan generasi yang Rabbani.


#RuangBerkaryaIbu
#Proyek2
#TugasMateriLima
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu
 

Bianglala Basmah Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea