8 November 2011

Kemilau Kampus

Posted by Basmah Thariq at 14.54.00

Kemilau kampus. Adalah nama yang sengaja ku istilahkan untuk sebuah tempat yang berkilau karena kejinggaan almamaternya yang tampak silau, menyiratkan makna: Membangun semangat yang tak pernah hilang. Memberikan kecemerlangannya melalui wadah yang sebenarnya jernih dan sebening cita yang tertanam disana. Olehnya pula, ada  banyak generasi intelek yang telah terlahir dan untuk terus membangun generasi yang berintelek juga.
Kemilau itu bisa saja meredup oleh “rasa” yang diserang oleh udara kebebasan yang mengatasnamakan demokrasi, lalu mengobrak-abrik ketenangan cita dengan menabur debu berkali-kali hingga ia tak lagi begitu tampak kemilau. Yah, universitasku itu, salah satu universitas terkemuka di kota Makassar.
Sadarkah? Betapa banyak jurang yang bisa menjatuhkan disana hanya dengan tingkah pola anarkisme. Walau tak jarang sebagian kami harus terseok membawa nama kemilau ini agar tetap berkilau. Setiap kali ditanya, “Kuliah di mana, dek?”
 “Kuliah di UNM..” Jawab kami. Kadang dengan jawaban lirih, sungkan bahkan ragu untuk menyebutnya.
 “Oh, kampus yang tukang demo itu yah?” Jawaban spontan yang sering menyentakkan aliran darah dalam tubuh. Serr… Perih!! 
T^T Hiks…
Mereka tak peduli, seberapa usaha di antara kami menata dan mempertahankan kilauan ini. Karena yang telah terbangun dalam image mereka (baca: orang-orang di luar sana) adalah, kerusuhan. Meski, tak dipungkiri, tak jarang kampus ini terekspos karena ketidakmahasiswaan dalam perilakunya yang hanya membuat penonton tercengang. Mengelus dada dan melempar komentar yang tak diharapkan di saat melihat aksi dan reaksi yang tak berimbang, meluluhlantakkan segenap harap yang sedang kami bangun disana.
Dan tak jarang pula kami mencoba meluruskan. Dengan perlahan, semampu kami, dengan cara kami masing-masing. Kita tegak bersama atas sebuah alasan yang seharusnya membuat kita merasa aman dan nyaman disana. Alasan yang meminta semangat kita, alasan yang meminta kerja keras kita dan alasan yang meminta KEBAIKAN kita. Bukan alasan yang justru menggugat dan menuntut banyak hal yang ternyata mereka (para biang keonaran) lupa, masih banyak yang harus dibenahi dalam diri mereka.
Aku tak ingin meminta waktu berbalik ke arah yang lalu hanya untuk menambahkan kilauan itu, tapi, hanya meminta pada diri-diri ini, bahwa warna ini masih menyemburatkan warna sebenar-benar kilauan dalam banyak kebaikannya, insya Allah.. 
Vivat Academia!!

8 comments

8 November 2011 15.28

Tetap Semangat para Mahasiswa, dalam sejarah, mahasiswa adalah garda terdepan dalm membuat perubahan, sementara mereka berteriak tentang keanarkisan Mahasiswa hanya bisa duduk manis dikursi empuk hasil usaha Mahasiswa.

8 November 2011 16.13

Kalau konsulidasi tidak efektif, ya demo adalah jalan keluarnya.. hehe, peace ^^

8 November 2011 16.45

seru klo liat mahasiswa Demo..., kemarin2 bnyk yg kena gas air mata padahal bkn pendemo.., kasihan...

8 November 2011 20.19

@Insan Rabbani
Iya, pun kami sedang memelihara semangat itu..

@Fahrie Sadah
yah, demonya juga tergantung niatnya masing-masing.. gak berharap ada kisruh aja.. sy cinta damai..

@Rohis FB
innalillah.. orang yg tidak bersalah pun akhirnya juga ikut jadi korban..

8 November 2011 21.40

lanjutkan perjuanganmu anak muda ..

10 November 2011 15.30

Hidup mahasiswa !!
:)

20 November 2011 12.49

Miris hati memang..
Namun, mari kita tunjukkan warna kampus itu sebenarnya tidak begitu. Mari tunjukkan dengan sikap dan prestasi kita.
Perlahan namun pasti, akan ada jejak-jejak yang tertinggal yang bisa dimaknai oleh generasi selanjutnya, untuk esok yang lebih baik

20 November 2011 14.47

@Rhyfad dan Uchank: Hm... Makasih!! Hidup mahasiswa!!

@Kak Arya: Benar-benar sepakat, kak.. Makasih yg setia mengomentari postingan saya.. :D #janganbosan..

Posting Komentar
 

Bianglala Basmah Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea