29 Agustus 2019

Ajakan Shalat untuk Pre-Tamyiz

Posted by bianglalabasmah at 8/29/2019 01:47:00 PM


"Ummi, saya gak mau shalat." Ujar 'Aisyah yang melewati saya selepas berwudhu' dan akan menunaikan shalat.


"Gak papa 'Aisyah." Sambutku santai. Kemudian membasuh wajah 'Aisyah dengan sisa-sisa wudhu' dari telapak tangan saya. "Semoga Allah senantiasa menjadikan 'Aisyah, kakak Asma', adek Afra' juga saudara-saudara ta' kalau ada nantinya, justru yang istiqamah menunaikan shalatnya sepanjang hidup. Aamiin ya Allaah.."

'Aisyah pun tersenyum dengan khasnya merasa didoakan untuk kebaikannya. Kemudian berlalu tanpa beban.

"Rabbij 'alnii muqiimash shalaah. Wa ming dzurriyyatii rabbanaa wa taqabbal du'aa.." Doa yang kerap saya jahr-kan setelah membaca doa seusai adzan.

Termasuk salah satu kasih sayang Allah terhadap anak adalah dibebaskannya mereka dari beban taklif di masa kecil mereka. Namun orangtua tetap bertanggung jawab agar tidak mengabaikan dan lalai terhadap anak-anak dan tidak menjerumuskan dari hal-hal yang tidak Allah ridhai.

Nilai-nilai yang kita tanamkan sejak dini berupa pengenalan dari amalan yang dilakukan oleh orangtuanya, sejauh mana kita dalam menjalankan amalan harian. Mendidik anak sejak dini dengan cara mengarahkan pada kebaikan, meluruskan bila ada yang salah (membiasakan yang benar bukan malah mem'benarkan yang sudah biasa'nya). Allaahu a'lam.


Semoga Allah membimbing kami, memberikan taufiq dan hidayah untuk kami setiap orangtua agar bisa mendidik anak-anak kami.

 

Bianglala Basmah Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea