25 Juni 2011

My (The Princess) Diary

Posted by Basmah Thariq at 10.51.00

Masa kecil layaknya sebuah kanvas yang dilukis oleh tangan-tangan keluguan, kepolosan, dan keceriaan yang tiada getir dengan memberi warna-warna hidup sumringah, membentuk dan menata mozaik indah di kanvas putih tersebut. Sehingga , tak diragukan betapa masa itu, lukisan tersebut masih saja terbias di masa kini dengan penuh decak kekaguman dalam memaknai tiap warnanya.
Beberapa waktu lalu, aku (baru disempatkan) kembali menjenguk sebuah diary yang menjadi  awal tulisan bebas ku di beberapa tahun silam. Buku yang aku menyebutnya dengan “The Princess Diary”, adalah sebuah nama yang diambil dari sebuah novel yang juga difilm-kan. Entahlah, bingung memberi nama dan belum terbersit untuk menamai Cinderella atau Snow White, karena sejak kecil mama telah menjatuhkan pilihan pada Barbie sebagai teman kecilku. Serba ber-aksesoris  Barbie dan serba pink yang dikenal sebagai Princess.  Hh, sungguh bertolak dengan aku yang sekarang.
Karenanya, aku pun memilih Pink menjadi sebuah buku untuk tulisan bebasku. Buku yang seharga SR 5 ,- (Lima riyal saudi) inilah mengawali kegiatan menulis bebas yang tertanggalkan pada 13 Juni 2004 (waktu itu duduk di bangku SMP kelas 1) dan melepasnya pada 12 Juli 2009. (sudah mengakhiri masa SMA beberapa bulan) Banyak dan lama? Oh, ternyata tidak juga. Beranjak tahun 2006 sampai menuju tahun 2009 itu, ada penjedaan yang cukup lama, membuat Diary ini terbenam dengan baik di antara buku-buku.
Berbeda dari diary biasanya yang orang lakukan, aku selalu memberikan judul pada setiap cerita yang terjadi. Yah, seperti di blog-blog sekarang. Dengan memberi judul, hal itu akan memudahkan aku untuk mengingat kisah-kisah tersebut tanpa harus membacanya sampai habis. Berikut ini beberapa judul tulisan bebasku yang membuat aku tak bisa luput dalam bayangan.


1.       An Episode: Sorry
2.       Trip 2 Sains
3.       Gara-gara Sepatu (part I dan II)
4.       Ke”DAPAT”an
5.       Jadi Puteri Banten Semalaman
6.       Love at The First Sight
7.       Jakarta, We’ll Coming!!
8.       Oh, (my) Rival!
9.       Ratu Lapangan
10.   Wisuda TPA Al Naashiriyyah
11.   Umrah Lagi.. Al Baik Lagi..
12.   Tiga Hari di Madinah
13.   Me Vs Him
14.   Sumpah, Gue Takut Benci (Benar-Benar Cinta)
15.   Perpisahan itu… SAKIT
16.   Bye-bye Jeddah & Welcome Indonesia
17.   Jeddah Kota Kenangan
18.   Be@ble (baca: BerJUBEL at Jubel)
Beberapa judul dari sekian judul yang telah memenuhi lembaran “The Princess Diary” ini, dikisahkan dalam bingkai ruang dan waktu di Sekolah Indonesia Jeddah dan TPA Al Naashiriyyah. Tentang pengalaman, sahabat, cinta, prestasi, rival, dan hobi yang mengurai tawa, menguras air mata. Mengundang  suka, melahirkan duka. Memberikan senyuman, membenamkan amarah dan membuang sesal. Menyimpan harap, mengejar cita dan masih banyak lagi.
Yah, tulisan bebas ini hanya biar aku tahu dan aku bisa menyisip sejuta harap atas udaraku dalam melakukan banyak hal. Hanya aku biar lebih bisa menafsirkan hidup, betapa metamorphosis dibutuhkan dalam hidup. Betapa segalanya ter-raih dari bagaimana menyikapi setiap perubahan tempat dan waktu. Mungkin, karena aku juga sedang butuh mencintai sesuatu (atau seseorang). Hehe.. Melepas segala yang terjadi dan memilih atas pilihanNya untuk memungut hikmah dari skenarioNya.

Inilah aku
yang memercik warna untukNya
di langit kehidupan
tuk membentuk bianglala

-Bianglala Basmah-

2 comments

25 Juni 2011 20.41

wah, kita sama2 suka nulis diary... tapi kalo aku gak pernah ngasih judul.... salam kenal ya...ijin follow

26 Juni 2011 16.54

Diary tmpat curhat mnyenangkan sih.. Makasih atas follow-nya. Salam kenal juga :))

Posting Komentar
 

Bianglala Basmah Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea