3 Maret 2018

Cerita Asma #3: Allah Dulu

Posted by bianglalabasmah at 3/03/2018 11:26:00 PM

"Syukran abi.. Syukran Ummi.. Jazakallaahu khaer sudah belikan Asma' buku." Kata Asma' dengan senang mendatangi kami seperti biasanya sambil memperlihatkan buku yang ia pegang.


Kami pun tersenyum sambil berucap doa, "Fa anti jazaakillaahu khaer. Bukunya dibaca dan dijaga ya.."

Di usianya ke-empat tahun, sebenarnya Asma' belum mengenal 'jajan buku'. Termasuk dalam hal meminta makanan maupun mainan. Karena setiap ada keinginannya hal utama yang kami sampaikan padanya adalah, "Berdoa dulu ya kakak. Minta sama Allah. Supaya Allah mudahkan rizki abi dan ummi."

Allah dulu. That's the point.

Konsep tauhid yang perlu diperkenalkan dengan membangunkan fitrah iman pada anak. Tidak menjanjikan apapun tentang keduniaan dalam hal ini tentang keinginan. Sehingga sebagian orang akan beranggapan bahwa kami begitu selektif. Semisal makanan, seringnya tidak boleh. Kalau pun ada, kami tetap membatasi. Mengajarkan bahwa makan tak boleh berlebihan, terutama yang terlalu manis, terlalu berminyak, mengandung MSG, dll yang kami rasa masih bisa dihindari. Selain sedang belajar mengedepankan pola hidup sehat, kami pun selalu berusaha agar senantiasa bersyukur lagi bersabar untuk di setiap kondisi.

Bersyukur atas apa yang diberikan dan bersabar atas apa yang kadang mereka perlu menahan diri dari hal-hal yang belum saatnya.



 

Bianglala Basmah Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea