15 September 2017

Bermain Outdoor

Posted by bianglalabasmah at 9/15/2017 10:02:00 PM
Melihat rentang usia Asma’ dan ‘Aisyah di bawah usia 5 tahun, begitu tampak aktif masyaa Allah dalam bergerak dan banyak bicara. Di samping sangat senang meniru apa yang bisa ditiru. Maka bermain bagi anak-anak ibarat salah satu kebutuhan primer bagi tumbuh kembangnya.
Dalam sebuah riwayat, Rasulullaah sholallaahu ‘alayhi wassalaam bersabda, “Gerak anak di usia kecil akan menambah kecerdasaan akalnya.”
Dalam Al Quran pun menyebutkan fitrah bermain anak dalam kisah Nabi Yusuf ‘alayhi salaam. Maka biarkan anak banyak bergerak selama dalam hal positif dan tidak membahayakan.
Adapun upaya yang kami lakukan untuk putri kami adalah memberi kesempatan bermain outdoor di pagi dan sore hari  yang menjadi keseharian Asma’ dan ‘Aisyah adalah bersepeda meski hanya di sekitar pekarangan rumah. Bila weekend, ayahnya mengajak ke kampus Unhas yang sejuk dan cukup dikenal dengan sebutan ‘hutan kota’.
Aktifitas outdoor ini biasanya di-handle langsung oleh ayahnya putri anak-anak. Sehingga Asma’ dan ‘Aisyah begitu luwes untuk berlari-lari, memanjat, melompat, dll mengingat saya belum bisa meng-handle duo-A hafizhah kami yang sangat gesit, lincah dan aktif.
Duo-A hafizhah kami pun biasa tanpa ragu bermain tanah, meski awalnya terlihat ragu dan takut. Bermain begitu lepas dan selalu terlihat tidak merasa lelah masyaa Allah. Dan kerap kali Asma’ dan ‘Aisyah mulai memerhatikan sekitarnya. Misal bila ada burung, ulat, kupu-kupu, sampai hewan terkecil, semut bisa menjadi perhatian menarik. Kemudian dijejali beragam Tanya yang menjadi kesempatan untuk memperkenalkan ciptaan Allah yang Maha Kuasa.

#BasmahThariq
#Day3
#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP


 

Bianglala Basmah Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea