14 September 2017

Iqra' (Bacalah!)

Posted by bianglalabasmah at 9/14/2017 10:43:00 PM
'Aisyah sedang membaca
Salah satu yang tengah kami upayakan dalam keseharian yang membersamai anak-anak adalah membacakan. Mulai membacakan buku, membacakan doa sehari-hari, sampai membacakan Al Qur'an yang biasa kami sebut men-talqin.

Hal ini terkait dengan keseharian Asma' dan 'Aisyah yang sering menunjukkan apa-apa yang terlihat sepele bagi saya dan suami. Namun kedua putri kami justru mampu mengulang atau me-review seperti apa yang kami bacakan atau sampaikan.

Dalam proses ini, kami belum bisa menyimpulkan apakah kedua putri kami masuk kategori gaya belajar visual, audio, maupun kinestetik. Selama ini hanya terus berupaya agar putri kami bisa enjoy dalam menyerap apa yang seharusnya mereka serap. Maka, PR kami saat ini sebatas membacakan. Meski respon dari Asma' dan 'Aisyah sangatlah jauh.

Asma' terlihat bisa tenang dan rentang konsentrasi yang baik pada satu tempat ketika sedang dibacakan. Ia mampu menyimak meski masih sering menyela dengan beragam pertanyaan "Kenapa?" dan seterusnya. Ia bisa mengulang apa yang ia dengar dan dibacakan sama. Masyaa Allah.

Sedang 'Aisyah ketika dibacakan, maka kaki dan tangan aktif. Gerakan berputar-putar, sampai seperti mendaki naik turun tempat tidur, berpindah dari satu kamar ke kamar yang lain. Namun, ia masih bisa menangkap apa yang biasa kami bacakan. Bahkan bisa dikatakan jauh lebih cepat. Masyaa Allah.

#BasmahThariq
#Day2
#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
 

Bianglala Basmah Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea