28 Juli 2017

Dialah Asma'

Posted by bianglalabasmah at 7/28/2017 10:51:00 PM

Asma' Hafizhah
"Mi, Asma' (yang) suap 'Aisyah." Kata Asma' menawarkan diri ketika melihat saya mengeluarkan bekal makanan Asma'Aisyah ketika kami sedang outing. Tanpa ragu saya mengapresiasi sikapnya sebagai kakak. Tak lupa mengucapkan jazakillaahu khaer untuknya karena sudah mau bantu umminya.

Asma' sedang menyuapi makan 'Aisyah
Disela kesibukan saya tertama ketika aktifitas pagi seperti memandikan Afra' dan menyiapkan sarapan, 'Aisyah biasa meminta minum atau makan. Namun dengan kondisi saya yang masih sibuk, tentunya saya meminta tolong pada abinya anak-anak untuk membantu keperluan mereka. Namun tak jarang Asma' bersegera mengambil andil untuk membantu saya dengan mengambilkan minum atau makan untuk adiknya. Masyaa Allah...

Hikmah dari bersaudara, berta'awun (saling membantu). Sejak si kakak belum berusia 3 tahun, ia sangat senang dengan kehadiran adiknya, 'Aisyah. Meski tetap berlaku ego sentris pada Asma' yang masih ke-AKU-an yang belum bisa diruntuhkan, yang apa-apa masih miliknya. Namun tetap kepedulian untuk membantu adiknya, saya, dan abinya juga patut diacungi jempol. Masyaa Allah wal hamdulillaah..

Bukan hanya sekali Asma' menjadi asisten penolong dan pengawas

bagi saya dan suami. Ia selalu jadi alarm bagi kami dalam banyak hal. Termasuk dalam melindungi adiknya ketika si adik begitu semangat dalam kegiatan yang mengasah motorik kasarnya. 

"Ummi, 'Aisyah lagi naik kursi.."
"'Aisyah, kursi untuk duduk.." Asma' mengingatkan adiknya, agar adiknya tidak menaiki kursi.
"Mi, 'Aisyah makan (mainan)!"
"Jangan 'Aisyah, gak boleh masuk mulut (mainan)."
"Makan(nya) duduk 'Aisyah!"
"Assalamu'alykum 'Aisyah, alhamdulillaahilladzii ahyana ba'dama amatanaa wa ilayhin nusyuur.." Sambut Asma' dengan doa bangun tidurnya yang sempurna ketika adiknya bangun dari tidur sebagaimana yang biasa kami memang lakukan padanya, juga adiknya.

Bersegera mengambil kain lap dan membersihkannya bila ada tumpahan air.
Mengingatkan adiknya bila sedang w-sitting.
Membantu membereskan mainan bila akan makan malam.
Ia yang sering melafazhkan doa ketika beraktifitas bersama adiknya.

Masyaa Allah..


Semoga Allah meng-istiqamahkan pada kami, pun pada anak keturunan kami pada kebiasaan yang baik, yang mengantarkan pada ketaatan akan aturanNya, saling mengingat-membantu-menasehati dalam kebaikan.

Barakallaahu fiikum, anak shalehah hafizhah kami... #Asma'AisyahAfra'

#BasmahThariq
#Day9
#GameLevel2
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst
 

Bianglala Basmah Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea