23 Juli 2017

Asma' dan Buku

Posted by bianglalabasmah at 7/23/2017 11:55:00 PM

Sambil menunggu abinya, ia sempatkan membaca buku
Kerap kali mendapati duo-A hafizhah kami seolah sedang membaca menikmati buku-buku bacaan yang kami siapkan. Saat saya sedang masak misalnya, atau sedang menyusui. Terdengar suara 'Aisyah dari luar dapur sedang menyebut beberapa huruf hijaiyyah. Sesekali ia terdengar sedang melantunkan ayat dari Al Qur'an walau belum jelas dari segi lafazhnya namun masyaa Allah wal hamdulillaah saya selalu terharu di moment yang seperti itu.

Seperti saat saya sedang menyusui Afra’, tetiba ‘Aisyah meminta saya untuk membacakan buku yang ia bawakan. Kadang saya penuhi. Tapi tak jarang pula saya tunda agar bisa membacakan bukunya lebih maksimal.

Tanpa saya duga, Asma’ yang alhamdulillah mulai memahami kondisi saya, ia yang akan membantu membacakan buku untuk adiknya, ‘Aisyah. Sekalipun Asma’ belum mengenal huruf apapun di usianya yang belum genap empat tahun. Ia hanya mengulang berdasarkan apa yang pernah saya bacakan padanya. Tepatnya, ia menceritakan berdasarkan gambar dan imajinasinya. Masyaa Allah…barakallahu fiikumaa dou-A Hafizhah kami..

Alhamdulillah, dapat kesempatan meng-handle 3AB (#Asma’AisyahAfra’ dalam kategori #BalitaBatitaBayi) yang rasanya se-su-a-tu-u-u-u itu dengan beragam tantangan rupanya membuat anak-anak bisa lebih mandiri.

Asma' sedang membacakan buku untuk duo-A adiknya
Asma' yang sejak berusia < 2 tahun begitu terlihat perkembangan terutama dari penguasaan literatur. Kemampuan me-review apa-apa yang ia dengar, kadang menjadi catatan bagi kami, untuk berhati-hati, memilah dan memilih kata yang tepat kepadanya. Alhamdulillah salah satu kesyukuran saya sampai detik ini karena di rumah tidak ada tv dan saya berusaha menimalisir gadget di hadapan anak. Sehingga sejauh ini pengaruh Asma' dalam bercerita apa saja masih terjaga. Bahkan mengaji pun bisa jadi cerita baginya. Masyaa Allah, ia benar-benar menyerap dan mampu mengulang banyak doa sehari-hari yang kadang hanya sepintas saya atau abinya lafazhkan saat mendampingi aktivitas anak.

Ditambah seringnya membacakan buku yang awalnya duo-A hafizhah sering melihat saya membaca buku. Kemudian berlanjut memutuskan memfasilitasi pada buku-buku anak yang rujukannya shahihAlhamdulillaah…

Kami pun masih dalam proses. Sehingga belajar tak sebatas jenjang bangku sekolah kemudian S1/S2/S3 dengan sederet gelar setelah nama kita. Anak-anak, kami pun butuh didekatkan pada warisan terindah, Al Qur'an dan Sunnah Rasulullah shallallaahu 'alaii wa sallam. Semoga Allah tautkan hati kami pada dua warisan terindah tsb. Bukan pada yang lain.

Ketika melihat kemandirian Asma’ dalam hal membantu membacakan buku pada adiknya, justru menjadi penyemangat bagi saya untuk selalu mendampingi dalam membacakan buku pada anak-anak. Agar tetap ada bonding antara kami, selain ilmu yang tersampaikan dari buku tersebut dan bisa mengetahui sejauh mana penguasaan literatur anak ketika diajak berinteraksi bersama buku. 

#BasmahThariq
#Day4
#GameLevel2 
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

 

Bianglala Basmah Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea